Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi PKD _ PARADIGMA PMII




PARADIGMA PMII

            Paradigma merupakan suatu yang vital bagi pergerakan organisasi. Karena paradigma merupakan titik pijak dalam membangun konstruksi pemikiran dan cara memandang sebuah persoalan yang akan termanisifikasikan dalam sikap dan prilaku organisasi. Disamping itu, dengan paradigma ini pula sebuah organisasi akan menentukan dan memilih nilai-nilai yang universal dan abstrak menjadi khusus dan praktis operasional yang akhirnya menjadi karakteristik sebuah organisasi dan gaya berfikir seseorang.



Pengertian dan Definisi Paradigma

Dalam khasanah ilmu sosial, ada beberapa pengertian paradigma yang dibangun oleh para pemikir sosiologi. Salah satu diantaranya adalah  G. Ritzer yang memberi pengertian paradigma sebagai pandangan fundamental tentang apa yang menjadi pokok persoalan dalam ilmu. Paradigma membantu apa yang harus dipelajari, pertanyaan apa yang harus dijawab, bagaimana seharusnya pertanyaan-pertanyaan itu di ajukan dalam aturan-aturan apa yang harus diikuti dalam menafsirkan jawaban yang diperoleh. Paradigma merupakan kesatuan konsensus yang paling luas dalam suatu bidang ilmu dan membedakan antara kelompok ilmuwan. Menggolongkan, mendefinisikan dan yang menghubungkan antara eksemplar, teori, metode serta instrumen yang terdapat didalamnya. Mengingat banyaknya definisi yang dibentuk oleh para sosiolog, maka perlu ada pemilihan atau rumusan yang tegas mengenai definisi paradigma yang hendak diambil oleh PMII. Hal ini perlu dilakukan untuk memberi batasan yang jelas mengenai paradigma dalam pengertian komunitas PMII agar tidak terjadi perbedaan persepsi dalam memaknai paradigma.

            Maka pengertian paradigma dalam masyarakat PMII dapat dirumuskan sebagai titik pijak untuk menentukan cara pandang, menyusun sebuah teori, menyusun pertanyaan dan membuat rumusan mengenai suatu masalah. Lewat paradigma ini pemikiran seseorang dapat dikenali dalam melihat dan melakukan analisis terhadap suatu masalah. Dengan kata lain, paradigma merupakan cara dalam mendekati “obyek kajianya (the subject matter of particular discipline) yang ada dalam ilmu pengetahuan. Orientasi atau pendekatan umum (general orientations) ini didasarkan pada asumsi-asumsi yang dibangun dalam kaitan dengan bagaimana “realitas” dilihat. Perbedaan paradigma yang digunakan oleh seseorang dalam memandang suatu masalah, akan berakibat pada timbulnya perbedaan dalam menyusun teori, membuat konstruk pemikiran, cara pandang sampai pada aksi dan solusi yang diambil.



Pilihan Paradigma PMII

           

Disamping terdapat banyak pengertian mengenai paradigma dalam ilmu sosial ada berbagai macam jenis paradigma. Melihat realitas yang ada di masyarakat dan sesuai dengan tuntutan keadaan masyarakat PMII baik secara sosiologis, politis dan antropologis, akan PMII memilih paradigma kritis transformatif sebagai pijakan gerakan organisasi.



Paradigma Kritis Transformatif PMII

            Dari penelusuran yang cermat atas paradigma kritis, terlihat bahwa paradigma kritis sepenuhnya merupakan proses pemikiran manusia. Dengan demikian dia adalah secular. Kenyataan ini yang membuat PMII dilematis, karena akan mendapat tuduhan secular jika pola pikir tersebut diberlakukan. Untuk menghindari tudingan tersebut, maka diperlukan adanya reformulasi penerapan paradigma kritis dalam tubuh warga pergerakan. Dalam hal ini, paradigma kritis diberlakukan hanya sebatas sebagai kerangka berfikir dan metode analisis dalam memandang persoalan. Dengan sendirinya dia harus diletakkan pada posisi diluar ketentuan agama, sebaliknya justru ingin mengembalikan dan mengfungsikan ajaran agama yang sesungguhnya sebagaimana mestinya. Dengan kata lain paradigma kritis di PMII berupaya menegakkan sikap kritis dalam kehidupan dengan menjadikan ajaran agama sebagai inspirasi yang hidup dan dinamis.

     

raintemplates-t5

raintemplates-t5

Pulsa
Pascabayar
Electronic
Handphone & Tablet
Travel & Entertainment
Keuangan
Belanja
Tagihan & Top Up
Semua Kategori

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement
AD Banner

EntertainmentMore

FashionMore

HeadlineMore

HeadlineMore

FoodMore

LifestyleMore

My Blog List

HeadlineMore

NamaLabel

+

Artikel Pilihan

Bolasport

Berita Utama

Teknology

Free Support & Update

Anda akan mendapatkan bantuan dari kami dan juga update template selamanya

WhatsApp Order

Pembelian lebih mudah, dengan menggunakan fiktur order form WhatsApp

Unlimeted Color

Warna template dapat Anda ubah secara otomatis tanpa perlu paham coding

Other News

[Related][recentmag]

Top Menu

Label

Category

HOME

  • BERITA
  • ADVETORIAL
  • SOSIAL

Tag Terpopuler

Hot News

[Hot News][recentmag]

Label Mobile

Kategori

NamaLabel


BangGo : Rendah kolesterol. Cocok untuk cemilan menyehatkan, penyedap & penambah selera makan.

Alamat Redaksi

Alamat Redaksi
Desa Ngraseh, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur - Indonesia.

Space Iklan

Space Iklan
Tersedia Pigura foto dengan ukuran castom, silahkan klik disini untuk pemesanan produk / tanya lebih lanjut tentang ketersediaan barang.

Copyright

Copyright 2018 TokoPedia Blogger v.1.8.5

Copyright Design

Design by rianseo.com
Live News

raintemplates-t2

Páginas

Populer Tahun ini

Populer Minggu ini

Populer Bulan ini

Kategori Berita

*Promo_3
*Promo_2
*Promo_1

MITRA POTENSI

MITRA POTENSI

Video TerpopulerMore

Artikel Pilihan


Space Iklan


Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2022 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

About Me

Foto Saya
Bojonegoro, jawa timur, Indonesia
Hidup ini perjuangan, selalu semangat dan tersenyum untuk menghadapi kehidupan ini.

Populer Tahun ini

Popular this week

Populer Bulan ini