Ticker

6/recent/ticker-posts

ARTIKEL KADERISASI PMII

 KADERISASI PMII

Kaderisasi PMII pada hakekatnya adalah totalitas upaya-upaya yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan untuk membina dan mengembangkan potensi dzikir, fikir dan amal soleh setiap insan pergerakan. Secara kategoris dapat dipilih dalam tiga bentuk yakni: Perkaderan Formal, Perkaderan Non Formal (Pengembangan) dan Perkaderan Informal. Ketiga bentuk ini harus diikuti oleh segenap warga pergerakan, sehingga pada saatnya kelak akan terwujud kader yang berkualitas.

Perkaderan formal meliputi tiga tahapan dengan masing-masing follow-up-nya.Ketiganya itu adalah Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba), Pelatihan Kader Dasar (PKD), dan Pelatihan Kader Lanjutan (PKL). Ketiga tahapan dengan follw-up yang menyertai itu merupakan satu kesatuan tak terpisahkan, karena kaderisasi PMII pada hakekatnya merupakan proses terus menerus, baik di dalam maupun di luar forum kaderisasi (long-life-education).

Perkaderan Formal Pengembangan adalah berbagai pelatihan dan pendidikan yang ada di PMII.Perkaderan jenis ini dibedakan dalam dua macam, yakni 1) yang wajib diikuti oleh segenap kader secara mutlak, dan 2) yang wajib di ikuti sebagai pilihan. Yang sifatnya wajib mutlak, disamping sebagai pembekalan mengenai hal-hal dasar yang harus dimiliki kader pergerakan, juga merupakan prasyarat bagi keikutsertaan kader bersangkutan dalam PKD atau  PKL.Sedang perkaderan informal adalah keterlibatan kader pergerakan dalam berbagai aktifitas dan peran kemasyarakatan PMII.Baik dalam posisi sebagai penanggung jawab, menjadi bagian dari team work, atau bahkan sekedar partisipan.Perkaderan jenis ini sangat penting dan mutlak diikuti.Disamping sebagai tolak ukur komitmen dan militansi kader pergerakan, juga jauh lebih real di banding pelatihan-pelatihan formal lain, karena langsung bersinggungan dengan realitas kehidupan.

           

  

Selanjutnya dalam pengkaderan Non Formal ( Pengembangan ) juga bisa dilakukan dengan cara pengikut sertaan dalam acara-acara pelatihan sebagai bentuk kepedulian dan sumbangsih PMII kepada kader dalam hal penajaman keahlian, sehingga akan menambah rasa percaya diri dan rasa bangga diri dengan PMII dan dapat dipastikan akan menambah totalitas dan loyalitas kader terhadap PMII. Selain pengikut sertaan dalam pelatihan-pelatihan ada satu hal yang menurut pandangan saya sederhana tapi besar akibatnya, yaitu pendekatan-pendekatan antara pengurus dengan kader-kadernya secara non formal dengan contoh hanya sekedar ngopi atau diskusi  bareng, alasanya akan menghilangkan sekat-sekat yang sengaja tercipta serta sebagai bentuk keseriusan pengurus dalam mengayomi kader-kadernya, ketika kader merasa terayomi maka akan ada keharmonisan hubungan didalam tubuh PMII, sehingga akan menciptakan kerja sama yang baik dan akan sama-sama merasa diuntungkan.

            Semua hal diatas itu mebahas tentang dalam tubuh PMII itu sendiri, mulai dari pengurus sampai kepada pengawalan kader-kadernya, dan sudah seharusnyalah sebuah organisasi tidak berfikiran sempit yang hanya memikirkan dan mengorek-ngorek permasalahan di Internal organisasi karena sebuah organisasi pastilah mempunyai tujuan yang mulia di dunia sosial yang lebih luas, oleh karena itu selain fokus terhadap permasalahan internal organisasi, organisasi juga harus memfokuskan arah geraknya didunia nyata yang lebih serius, melalui metode-metode pengembangan organisasi yang dipilih dan diterapkan sehingga orgsnisasi tidak hanya besar didalam juga besar diluar

            PMII adalah organisasi mahasiswa ekstra kampus yang independen, yang mengawasi dan mengawal semua polemik yang ada didalam kampus ataupun luar kampus. Sebagai contoh pengawalan rencan kerja pemerintah, di Bojonegoro sendiri PMII mengawal pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Dr R Sosodoro Djatikoesoemo baru dijalan Veteran yang sudah bertaraf Internasional mulai dari tahun 2007 silam yang sempat tersendat oleh korupsi sampai hari ini tahun 2017 dan pada akhirnya RSUD Dr R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro hari ini sudah mulai beroperasi meskipun baru 40% prosentase pemanfaatan rumah sakit baru.Begitupun dialam kampus berbagai polemikpun harus ada pengawalan mulai dari kebijakan-kebijakan kampus hingga keterbukaan dana mahasiswa, disinilah kita akan berbicara tugas suci PMII yang ada didalam kampus, karena tugas suci tidaklah mudah maka pengembangan-pengembangan dan pergerakan didalam kampus harus mempunyai strategi-strategi yang tepat,setiap perjuangan pasti akan ada penolakan meskipun itu benar.

Strategi Pembinaan dan pengembangan PMII merupakan garis-garis besar pembinaan dan pengembangan adalah pola dasar dan umum program jangka panjang dan jangka pendek dalam mewujudkan tujuan organisasi supaya langkah PMII menjadi terarah, terpadu dan sustainable (berkelanjutan) setiap kebijakan, program dan garis perjuangannya.Rangkaian strategi dan program yang terus menerus tersebut dimaksud untuk mewujudkan tujuan PMIIseperti termaktub dalam Anggaran Dasar Bab IV Pasal 4 yaitu : “Terbentuknya pribadi muslim Indonesia berilmu yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, Berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Strategi pengembangan PMII di kampus yang minim PMII juga menarik untuk dibahas, dimana ketika PMII belum ada dikampus maka menurut saya akan terasa kurang karena yang akan terjadi hanyalah mahsiswa sebagai robot yang diprogram oleh kampus ataupun dosen-dosen yang ada dikampus tersebut disebabkan oleh nilai pergerakan yang tidak hadir di kehidupan mahasiswa kampus tersebut. Untuk itu sebagai mahasiswa pergerakan kita juga mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan pemikiran yang kritis dan solutif dengan cara berPMII.

Strategi pengembangan PMII di kampus yang minim PMII yang pertama mungkin bisa dilakukan dengan cara memperbanyak kader-kader baru yang ada dikampus, bisa dengan cara menarik ketertarikan mahasiswa untuk berPMII dengan membuat kegiatan yang sesuai dengan tipologi mahasiswa-mahasiswa kampus tersebut. Kedua, setelah anggota semakin banyak maka sudah saatnya mengumpulkan kekuatan untuk merebut organ-organ vital yang ada didalam kampus sebagai sarana pengembangan PMII jangka panjang, seperti contoh  BEM, HMJ dan UKM, dari sini akan ada jalinan komunikasi selain kepada mahasiswa juga kommunikasi kepada dosen. Ketiga,ketika pengembangan mealui organ-organ vital kampus telah sukses, selanjutnya dan terakhir  yaitu sedikit berjalan sejajar dengan para rektorat atau dosen-dosen pengampu sehingga mahasiswa tidak akan serta merta dijadikan robot yang tunduk pada tuanya. Dampak terakhir yang akan dirasakan adalah pengembangan kader akan semakin baik karena bukan hanya dari PMII saja yang mendukung kegiatan-kegiatan organisasi tetapi juga sebagian besar penduduk kampus.

 

 

Perjalanan pengembangan kaderisasi PMII dan Strategi pengembangan PMII di kampus yang minim PMII tidaklah semudah wacana, maka dari itu haruslah ada Evaluasi dan Refleksi sebagai tolok ukur capaian dan pembenahan strategi. Untuk Evaluasi dan kaderisasi PMII didalam komisariat Cendekia sendiri menurut saya kurang aktifnya seluruh pemgurus dalam mengayomi kader-kadernya sehingga menimbulkan rasa ketidakpuasan kader dalam berPMII, minimnya pelatihan untuk pengembangan diri kader dalam berPMII, dan ada sedikit ego yang dikedepankan didalam pengurus komisariat sehingga menimbulkan perpecahan didalam tubuh pengurus itu sendiri dan akhirnya kaderisasi akan sedikit terabaikan.

Sebagai mahasiswa pergerakan yang berlatar belakang islam maka perkembangan islam dilingkungkan sekitarpun juga perlu diperhatikan, analisis tentang islam dilingkungkan diperlukan guna menserasikan strategi-strategi yang akan dilakukan agar tidak bertolak belakang yang akan mengakibatkan catu didalam PMII itu sendiri. Untuk gerakan islam dilingkungan komisariat Cendekia sendiri teramati kondusif dan berjalan dengan rukun meskipun perbedaan pasti tetap ada, perang argumenpun tidak mustahil tercipta tetapi setidaknya disana islam berjalan berdampingan tanpa ada yang mengedepankan ego golonganya masing-masing.

Demikian artikel persyaratan PKD di komisariat Sultan Agung dibuat, atas kesalahan ataupun kekurangan penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.

WallahuMuwafiqilaAqwamitTarieq.....

 

ARTIKEL PERSYARATAN MENGIKUTI PKD  Di KOMISARIAT SULTAN AGUNG
                   Oleh : AHMAD ABDUL KHOZIN ALMAHMUDI Komisariat CENDEKIA BOJONEGORO


raintemplates-t5

raintemplates-t5

Pulsa
Pascabayar
Electronic
Handphone & Tablet
Travel & Entertainment
Keuangan
Belanja
Tagihan & Top Up
Semua Kategori

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement
AD Banner

EntertainmentMore

FashionMore

HeadlineMore

HeadlineMore

FoodMore

LifestyleMore

My Blog List

HeadlineMore

NamaLabel

+

Artikel Pilihan

Bolasport

Berita Utama

Teknology

Free Support & Update

Anda akan mendapatkan bantuan dari kami dan juga update template selamanya

WhatsApp Order

Pembelian lebih mudah, dengan menggunakan fiktur order form WhatsApp

Unlimeted Color

Warna template dapat Anda ubah secara otomatis tanpa perlu paham coding

Other News

[Related][recentmag]

Top Menu

Label

Category

HOME

  • BERITA
  • ADVETORIAL
  • SOSIAL

Tag Terpopuler

Hot News

[Hot News][recentmag]

Label Mobile

Kategori

NamaLabel


BangGo : Rendah kolesterol. Cocok untuk cemilan menyehatkan, penyedap & penambah selera makan.

Alamat Redaksi

Alamat Redaksi
Desa Ngraseh, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur - Indonesia.

Space Iklan

Space Iklan
Tersedia Pigura foto dengan ukuran castom, silahkan klik disini untuk pemesanan produk / tanya lebih lanjut tentang ketersediaan barang.

Copyright

Copyright 2018 TokoPedia Blogger v.1.8.5

Copyright Design

Design by rianseo.com
Live News

raintemplates-t2

Páginas

Populer Tahun ini

Populer Minggu ini

Populer Bulan ini

Kategori Berita

*Promo_3
*Promo_2
*Promo_1

MITRA POTENSI

MITRA POTENSI

Video TerpopulerMore

Artikel Pilihan


Space Iklan


Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2022 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

About Me

Foto Saya
Bojonegoro, jawa timur, Indonesia
Hidup ini perjuangan, selalu semangat dan tersenyum untuk menghadapi kehidupan ini.

Populer Tahun ini

Popular this week

Populer Bulan ini